Suncheonman Bay National Garden & Wetland Reserve


(sumber gambar: visitkorea.or.id)

Taman Kelas Dunia di Satu Tempat

Tindakan merawat sebuah taman tidak hanya terbatas pada keindahan bunga di dalamnya. Sebuah taman juga bisa memberikan pemandangan berbeda di setiap musim, membantu menenangkan, serta memberikan pencerahan bagi tubuh dan pikiran. 

Layaknya sebuah cahaya lilin kecil di ruangan yang menenangkan hati, bayangkan seberapa besar efek healing yang bisa didapatkan di taman raksasa yang dikelola negara sebuah negara. 

Suncheonman National Garden adalah taman ber-titel nasional pertama di Korea. 

Rumah bagi lebih dari 500 jenis pohon dan 800.000 bunga dengan luas 920.000m2 ini tidak akan selesai dijelajahi dalam satu hari. Untuk menghemat waktu, cobalah menaiki Sky Cube, kereta kecil tanpa awak yang beroperasi dari Suncheonman National Garden ke Pusat Literatur Suncheon. 

Tiket kereta dapat dibeli di loket stasiun yang terletak di seberang Jembatan Mimpi. Perjalanan menggunakan transportasi ini bagus untuk melihat pemandangan sekeliling taman dengan cepat. Setibanya di stasiun Pusat Literatur, kamu hanya perlu berjalan sekitar 5 menit untuk mencapai Suncheonman Bay Wetland. 

Hal pertama yang dilihat di Taman Nasional adalah Lake Garden. 

Taman yang menggambarkan kota Suncheon ini dirancang oleh artis lanskap terkenal, Charles Jencks. Lake Garden merupakan inti dari Taman Nasional dan dikelilingi oleh 11 taman lain, seperti Dutch Garden, Italian Garden, American Garden, Chinese Garden, French Garden, dan Japanese Garden. 

Di herbarium Suncheonman yang penuh dengan bunga dan pohon indah, terdapat sebuah pusat experience obat tradisional Korea yang dilengkapi rumah-rumah berbentuk hanok. Pada sekitaran halaman pusat experience yang luas ini terdapat balai penyembuhan, balai pameran, balai hadiah, kafe healing, dan kebun tanaman obat.

(sumber gambar: visitkorea.or.id)

Balai Penyembuhan memiliki sebuah sistem yang memungkinkan pengunjung untuk mengecek kondisi tubuh mereka dengan cepat. Kondisi fisik seseorang dapat diketahui hanya dengan mengisi beberapa pertanyaan dalam survei. 

Sebuah mesin di sini mampu memeriksa keadaan lima organ dalam utama, tekanan darah, komposisi tubuh, dan tingkatan stres seseorang. Berdasarkan hasil yang didapat, pengunjung bisa mempelajari status kesehatan mereka terkini. 

Analisis mendalam disertai konsultasi tentang kebiasaan hidup, melepas stres, dan makanan yang sesuai dengan konstitusi tubuh, juga tersedia. Mengikuti sesi konseling akan memberikan perasaan lebih nyaman dan sehat. 

Beberapa program lain yang ditawarkan antara lain minum teh herbal, rendam kaki sehat, membuat kantung wewangian, dan mengepak obat herbal. Setiap program menjamin waktu berkualitas untuk merilekskan pikiran.

(sumber gambar: visitkorea.or.id)

Hadiah Terbesar dari Alam

Pada hari yang terik, kamu juga bisa membenamkan kaki di air sejuk yang mengalir di lembah untuk mendinginkan tubuh dan melepas lelah. Selain itu rendaman kaki menggunakan herba obat tradisional juga ditawarkan di Balai Penyembuhan. 

Duduk di teras kayu, rendam kaki di larutan air obat, nikmati pemandangan hanok, dan rasakan sensasi healing seketika. Semangkuk teh Omija dingin menjadi pemanis kegiatan merendam kaki ini. 

Dikarenakan ukuran National Garden ini yang sangat luas, kesempatan untuk merilekskan kaki yang lelah merupakan hal yang tidak boleh disia-siakan. 

National Garden juga memiliki kebun binatang liar. Kamu bisa menemukan kelinci eropa, anjing laut, marmut, dan flamingo di sini.

(sumber gambar: visitkorea.or.id)

(sumber gambar: visitkorea.or.id)

Jika sedang berada di taman ini, jangan lewatkan Suncheonman Bay Wetland Reserve. 

Daratan lumpur yang terkenal akan pemandangan musim gugurnya ini, masih mempertahankan ekosistem alami yang telah terbentuk sejak 100 juta tahun yang lalu. Panorama daratan lumpur luas dan ladang buluh yang terbentang mengikuti aliran sungai berbentuk huruf S raksasa. 

Melihat burung-burung berterbangan di atas ladang buluh akan mengingatkanmu pada sebuah potongan film. Jika beruntung, kamu juga bisa menikmati pemandangan terbang massal 2.000-an burung kedidi dan burung plover yang memulai migrasi. Bahkan tanpa pemandangan itu pun, gambaran buluh-buluh menari terhembus angin yang menenangkan, hanya dapat dilihat di Teluk Suncheonman. Hal ini merupakan hiburan terbaik yang bisa diberikan alam. 

(sumber gambar: visitkorea.or.id)

Beberapa fasilitas ditutup sementara karena pandemic COVID-19. Informasi terakhir pada Mei 2021, Observatorium Teluk Suncheon, Balai Pameran Ekologi, Balai Sejarah Suncheon, dan Aula Experience Suara Alam, masih ditutup. 

Balai Pameran Ekologi dan Balai Sejarah Suncheon mungkin akan segera dibuka setelah proses renovasinya selesai. Dilarang memetik bunga atau memotong tanaman, dan mengumpulkan serangga di Suncheonman National Garden. Membawa makanan dari luar dan hewan peliharaan juga tidak diperbolehkan di lokasi ini.

INFORMASI

  • +82-1577-2013
  • 08:30-18:00 (Jan-Feb, Nov-Des)
    08:30-19:00 (Mar-Apr, Okt)
    08:30-20:00 (Mei-Sep)
    *terakhir masuk 1 jam sebelum jam operasional berakhir
  • Sky cube KRW 8.000 (dewasa)
    Program experience di Pusat Pengobatan Tradisional Korea KRW 2.500
  • 47, Gukgajeongwon 1-gil, Suncheon-si, Jeollanam-do
  • www.scgardens.or.kr
Share:

0 comments:

Post a Comment