Andeok Health & Healing Village

 
sumber gambar: visitkorea.or.id

Lokasi utama penyembuhan dan terapi di desa ini adalah ruang sauna dan klinik pengobatan tradisional Korea. Semua terapi yang dijalankan berfokus pada peningkatan suhu tubuh untuk mengaktivasi sirkulasi dalam tubuh dan menguatkan imunitas. Hal ini sejalan dengan pepatah, “Hidup dan mati tergantung pada proses mengeluarkan dingin dan merevitalisasi panas dalam tubuh”, waktu-waktu hangat yang dihabiskan di desa ini akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan enerjik.  

Manfaat Sauna

Desa Andeok sudah melaksanakan berbagai program experience berkonsep “health healing experience village” sejak tahun 2009. Sejak saat itu pula sebuah ruang sauna didirikan di desa, dan sebuah klinik pengobatan tradisional dibuka di yayasan asuransi kesehatan desa. Berkat ragam fasilitas menarik seperti healing experience menggunakan sumber daya desa, ruang sauna, Yochodang, dan restoran makanan sehat, tempat ini dikunjungi lebih dari 60.000 orang setiap tahunnya. 

Ruang sauna dibagi menjadi ruangan bersuhu tinggi (70-80°C) dan ruangan bersuhu rendah (50°C) dan dioperasikan menggunakan cara tradisional yaitu dengan membakar kayu oak. Memasuki ruang sauna bersuhu tinggi, seketika itu pula rasanya pori-pori seperti ditusuk jarum dan lama-kelamaan kamu akan terbiasa, jadi bertahanlah. 

Bahan utama yang digunakan di sauna ini adalah loess yang dicampur dengan 10 tanaman obat seperti kulit pohon elm, akar pinus, cheongung, dan angelicae. Sinar inframerah yang dipancarkan loess pada suhu tinggi mengandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Selain itu, campuran ekstrak herba yang dicampur dengan loess turut meningkatkan proses metabolisme dan berefek untuk mempercepat proses ekskresi zat-zat sampah dalam tubuh.

sumber gambar: visitkorea.or.id

Pengobatan Tradisional Korea Tetap Relevan

Hippocrates pernah berkata, “Operasi dapat menyembuhkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan obat, demam yang tidak bisa disembuhkan dengan operasi; serta penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan panas adalah yang tidak dapat disembuhkan untuk selamanya.” 

Secara tidak langsung, perkataan ini menekankan pentingnya suhu tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa imunitas seseorang akan meningkat 5x lebih tinggi ketika suhu badan naik sekitar 1°C. Hal ini berarti semakin rendah suhu tubuh, semakin besar pula risiko seseorang untuk terkena kanker ataupun berbagai penyakit orang dewasa. 

Beberapa tahun belakangan, muncul sebuah tren untuk mengaplikasikan hipertermia sebagai tindakan perawatan ataupun pencegahan kanker. Terapi panas representatif dari Klinik Pengobatan Tradisional Korea Desa Andeok adalah moksibusi Wang Mugwort. Tumbuhan mugwort yang berelemen hangat mampu mengeluarkan udara dingin dalam tubuh, menguatkan fungsi perut, liver, dan ginjal, serta meningkatkan imunitas. Bahkan secara khusus bermanfaat pula menghangatkan kondisi rahim bagi wanita. 

Terapi moksibusi Wang Mugwort ini memanfaatkan panas dari moksibusi mugwort untuk merevitalisasi energi tubuh dan mencegah penyakit.

sumber gambar: visitkorea.or.id

sumber gambar: visitkorea.or.id

Kegiatan Untuk Dinikmati
Ada banyak alasan mengapa Anda merasa betah di desa ini. Selain berjalan menelusuri jalur Moaksan Dullegil, bersantai di pinggir sungai, Anda juga dapat merasakan sensasi Petualangan Penyembuhan lewat 13 rute berbeda yang terletak di seberang Klinik Pengobatan Tradisional Korea.


INFORMASI

  • +82-63-227-1000
  • Sauna buka 24 jam, Klinik Pengobatan Tradisional Korea: Selasa 13:00-19:30, Rabu-Minggu 10:00-19:30 (tutup setiap Senin)
    Reservasi (sangat disarankan), walk-in juga diperbolehkan
  • Sauna: Dewasa KRW 10.000, anak pra-sekolah KRW 5.000 (diskon 20% jika menginap di akomodasi desa); 
    Moksibusi di Klinik Pengobatan Tradisional Korea KRW 5.000
  • 72, Jangpa-gil, Gui-myo, Wanju-gun, Jeollabuk-do
  • www.poweranduk.com    
Share:

0 comments:

Post a Comment