Akhirnya dibuka lagi! Yuk ke Korea!

Setelah sekian purnama nggak bisa terbang ke Korea, sekarang border-nya udah dibuka lagi. Coba mana suaranya yang senang, karena akhirnya tabungannya bisa dipakai jalan-jalan, dan/atau justru baru mau mulai giat menabung, karena hilalnya udah muncul?

Ngomongin soal Korea, buat kamu yang mau berlibur, aku mau berbagi tentang destinasi yang wajib dikunjungi ketika kamu ke negara ginseng ini! Apalagi kalau kamu ke Gangwon-do.

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Gangneung & Donghae

Gangwon-do diberkati dengan pemandangan alam yang indah, tetapi memiliki lebih banyak hal lain yang ditawarkan. Kota pantai Gangneung dan Donghae yang indah menarik perhatian wisatawan dengan atraksi yang baru dibuka. 

Dengan naik KTX-Eum dari Stasiun Seoul, Gangneung dapat dicapai hanya dalam 2 jam dan Donghae dalam 2 jam 30 menit. 


  • ARTE Museum Valley Gangneung


Museum ARTE Valley Gangneung dibuka pada Desember 2021 dan merupakan Museum ARTE ketiga yang dibuka, setelah cabang di Jeju dan Yeosu. Museum ARTE adalah galeri pameran yang menggunakan video, cermin, suara, dan wewangian untuk menciptakan ruang yang menarik, di mana kamu dapat menghargai seni media menggunakan panca inderamu. 

Sesaat setelah kamu melangkah masuk, kamu akan diliputi oleh kegelapan dengan hanya cahaya dan suara dari karya seni media untuk memandumu. Galeri pameran ini dibagi menjadi 12 (dua belas) ruangan sesuai dengan tema yang berbeda; seperti bunga, ombak, dan pantai.

pameran BEACH-CLOUD (kiri) | toko ARTE, toko souvenir (kanan)

pameran WATERFALL-INFINITE (kiri) | pameran FLOWER-COSMOS (kanan)

Satu hal yang perlu diingat adalah perhatikan langkahmu dan berjalanlah pelan-pelan sehingga kamu tidak perlu menabrak cermin apa pun. Selain itu, lorong-lorong yang masuk dan keluar dari setiap ruang bertema dirancang seperti labirin, sehingga pengunjung disarankan untuk menggunakan pamflet sebagai panduan untuk menemukan jalan. 

Di ujung pameran terakhir terdapat Toko ARTE, di mana Anda dapat membeli souvenir seperti diffuser, sabun buatan tangan, lilin beraroma, dan banyak lagi. 

ARTE Museum Valley adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu baik dalam hujan atau salju karena semua pameran berada di dalam ruangan.

ARTE Museum Valley Gangneung
Alamat: 
131, Nanseolheon-ro, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 난설헌로 131)
Jam operasional: 10.00–20.00 (Kunjungan terakhir 19.00)
Pertanyaan: +82-1899-5008
Situs web: artemuseum.com


  •  Haslla Art World

Haslla Art World terletak di atas sebuah bukit kecil di tepi laut. Nama museum “Haslla” mengacu pada nama Gangneung di masa lalu. 

Museum ini memiliki beragam karya seni dimensi yang dipamerkan baik di dalam maupun di luar ruangan.



Kursi yang dikelilingi bunga warna-warni dan pameran luar ruangan dengan latar belakang laut biru adalah beberapa karya seni kontemporer yang dijadikan sebagai spot foto yang akan membuatmu lupa waktu.

Selain galeri pameran, Haslla Art World juga memiliki restoran, kafe, dan hotel dengan kamar-kamar yang didesain dengan sentuhan artistik.

Haslla Art World
Alamat: 
1441, Yulgok-ro, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 강동면 율곡로 1441)
Jam Operasional: 09.00–18.00
Pertanyaan: +82-33-644-9411
Situs web: www.haslla.kr 


  • Rumah Ojukheon

Rumah Ojukheon dinamai demikian karena banyaknya ojuk, atau bambu hitam, yang ditanam di sekitar area tersebut. Rumah Ojukheon adalah objek wisata yang wajib dikunjungi di Gangneung, tidak hanya karena pemandangannya yang indah tetapi juga karena nilai sejarahnya. 

Rumah Ojukheon adalah tempat kelahiran Yulgok Yi-i, salah satu cendekiawan paling terkenal dari dinasti Joseon. Potretnya ada di pecahan 5.000 won Korea, dan potret ibunya--Shin Saimdang--ada di pecahan 50.000 won Korea.


Rumah Ojukheon yang dibangun pada awal periode Joseon (kiri)
Patung Yulgok Yi-i (kanan)

Jejak tangan akrtis Lee-Young-ae dan aktor Song Seung-heon (kiri)
Bambu hitam atau Ojuk (kanan)


Rumah Ojukheon adalah tempat syuting drama “Saimdang, Memoir of Colors (2017)” dan memiliki plakat batu dengan cetakan tangan para pemeran utama drama tersebut, yang dapat kamu lihat sesaat setelah berjalan melewati pintu masuk. 

Di dalam gedung terdapat gedung Rumah Ojukheon, Munseongsa, sarangchae (kamar tamu utama), eojaegak, Balai Peringatan Yulgok Yi-i, dan Museum Kota Gangneung.

Rumah Ojukheon
Alamat: 
24, Yulgok-ro 3139beon-gil, Gangneung-si, Gangwon-do (강원도 강릉시 율곡로3139번길 24)
Jam operasional: 09.00–18.00 (Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup)
* Tutup pada hari libur 1 Januari, Seollal (Hari tahun baru Korea) & Chuseok (Hari Thanksgiving Korea)
Pertanyaan: +82-33-660-3301
Situs web: www.gn.go.kr/museum/ 


  • Jalan Nongoldam-gil

Pemandangan Laut Timur (Donghae) dari Jalan Nongoldam-gil

Jalan Donghae Nondamgol-gil adalah jalan kecil di lingkungan perbukitan, dan juga merupakan desa mural tepi laut. 

Ikuti tangga dan gang untuk mencapai Mercusuar Mukho di puncak bukit untuk dapat menikmati pemandangan Laut Timur. Rumah dan dinding dihiasi dengan mural yang menggambarkan era keemasan Pelabuhan Mukhohang dan desa di tahun 1970-an.

Tangga dan gang di Nongoldam-gil (kiri)
Mercusuar Mukho (kanan)

Toko souvenir di Jalan Nongoldam-gil (kiri)
Mural di Jalan Nongoldam-gil (kanan)

Jalan Nongoldam-gil ditampilkan dalam beberapa drama. Dalam "The Heirs (2013)," area ini adalah lokasi syuting rumah Cha Eun-sang (Park Shin-hye), sedangkan Mercusuar Mukho muncul di "Brilliant Legacy (2009)," yang menampilkan Han Hyo-joo dan Lee Seung Gi. 

Berjalan sedikit lebih jauh dari puncak bukit untuk sampai ke tujuan selanjutnya, Lembah Langit Dojjaebigol.

Jalan Nongoldam-gil Donghae
Alamat:
 97, Ilchul-ro, Donghae-si, Gangwon-do (강원도 동해시 일출로 97)
Pertanyaan: +82-33-530-2231
Situs web: www.dh.go.kr/tour/ 


  •  Lembah Langit Dojjaebigol

Dibuka pada Juni 2021, Lembah Langit Dojjaebigol dilengkapi dengan tempat-tempat wisata seperti Sky Cycle, Giant Slide, dan Skywalk Overlook. 

Skywalk memiliki lantai kaca transparan untuk menunjukkan kepada pengunjung pemandangan yang mendebarkan 59 meter di bawah kaki mereka.

Pintu Masuk Lembah Langit Dojjaebigol (kiri)
Lantai Skywalk Transparan (kanan)

Observatorium Haerang Dojjaebigol (kiri)
Observatorium berbentuk pentung dokkaebi (kanan)

Kata dojjaebi adalah dialek Gangwon-do dan Gyeongsang-do untuk dokkaebi, goblin Korea yang muncul dalam cerita rakyat. Lembah itu dinamai makhluk mitos karena legenda tentang dojjaebi di lembah. 

Jika kamu mengikuti jalan menurun menuju laut dari Lembah Langit Dojjaebigol, kamu akan segera mencapai Observatorium Haerang yang menjorok ke laut. Kamu akan melihat dari jauh bahwa dek observatorium berbentuk oval, yang sebenarnya dirancang menyerupai tongkat pentung yang digunakan oleh dokkaebi. 

Observatorium Haerang juga memiliki lantai dasar kaca transparan yang memungkinkan pengunjung untuk melihat air biru tepat di bawah kaki mereka.

Lembah Langit Dojjaebigol
Alamat: 
2-109, Mukhojin-dong, Donghae-si, Gangwon-do (강원도 동해시 묵호진동 2-109)
Jam operasional: Musim panas 10.00–18.00 / Musim dingin 10.00–17.00
* Tutup setiap hari Senin
Pertanyaan: 82-33-530-2042
* Observatorium Haerang Dojjaebigol dibuka sepanjang tahun, kecuali dalam kondisi cuaca yang buruk

• Hotline Perjalanan Korea 1330: +82-2-1330 (bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Rusia, Vietnam, Thailand, Melayu)


Jadi, sudah siap untuk terbang ke Korea? Semoga tahun ini keinginanmu terwujud, ya!

sumber artikel 

Share:

0 comments:

Post a Comment