Live Like A Korean ala Youn's Stay [K-Reality Show Review]

Pandemi semakin lama usai, maka deret panjang daftar tempat di Korea yang ingin didatangi juga jadi semakin panjang. 

Pusing? Nggak usah ditanya. Apalagi semenjak nonton Youn's Stay--yang sayangnya sudah usai episodenya. 

Beneran deh, nonton reality show ini tuh seketika membuat ingin menikmati pengalaman serupa yang dirasakan oleh pelajar pun orang-orang asing yang sedang bekerja di Korea--selama kurang dari setahun--yang datang dan singgah di penginapan ini.

sumber gambar: soompi.com

Youn's Stay
Directed by: Na Young-seok, Kim Se-hee
Episodes: 12
Prod. Company: CJ ENM
Original Network: tvN
Release: January 8th - April 2nd 2021

Youn's Stay sebetulnya merupakan acara peralihan atau bisa juga disebut perubahan citra dari acara Youn's Kitchen. Di mana biasanya nih, kalau Youn's Kitchen kan formatnya adalah mengelola restoran di luar negeri, seraya mengenalkan masakan dan budaya Korea. Nah kalau Youn's Stay itu mengelola sebuah penginapan hanok (rumah tradisional Korea)

Kenapa peralihan? Ya tentu saja alasannya tidak lain dan tidak bukan karena adanya covid-19. Karena pandemi ini, mau tidak mau, format acara akhirnya terpaksa harus diubah. Tapi justru hal itu nggak mengurangi makna dan tujuan dari acaranya sama sekali. Tetap mengenalkan dan mengajarkan budaya Korea ke penonton. Pun, hal menyenangkan dari menonton tayangan ini adalah karena semua cast-nya punya kemampuan berbahasa inggris yang mumpuni. Jadi setidaknya bisa untuk nggak selalu melihat subtitle hehe~

Kalau berkesempatan ke Korea, apalagi sedang menikmati musim semi di Jeollanam-do, jangan lupa mampir ke lokasi syuting Youn's Stay. Seriusan!

sumber gambar: www.visitkorea.or.id

sumber gambar: www.visitkorea.or.id

Cantik, kan? Huhu. 

Ssangsanje yang berlokasi di Gurye, Jeollanam-do ini memang memikat hati. Menurut data yang ada, Ssangsanje ini dibangun pada Era Joseon Akhir. Kebayang dong betapa tradisionalnya bangunan yang ada di sana? 

Nggak heran sih kalau Choi Woo Shik sampai kehabisan napas kalau udah lari-lari dari desa atas ke desa bawah. Ya secara Ssangsanje ini dibangun di atas yang berukuran kurang lebih 16.500 ㎡.

Balik lagi ngomongin Youn's Stay. 

Nah di Youn's Stay ini memang penginapannya dibagi menjadi dua, desa atas dan desa bawah. Desa atas itu terdiri dari ruang santai untuk para tamu dan juga kamar tidur untuk para tamu. Kalau desa bawah, itu berfungsi sebagai resepsionis, dapur, ruang makan untuk para tamu, dan juga paviliun untuk tempat menginap para cast-nya. 

Dan mau tahu apa lagi yang semakin membuat Ssangsanje ini menarik? 

Karena ada hutan bambu--beneran hutan bambu alami ya--yang menjadi penghubung si desa atas dan desa bawah.

Well, kenapa di judul saya bilang Live Like A Korean? 

Ini semua dikarenakan format acara yang dibuat memang membuat kita seolah-olah sedang jadi penduduk asli Korea di zaman dulu, bahkan makanan yang disajikan pun rata-rata adalah makanan khas kerajaan Korea. 

Bangun tidur dengar suara burung, jauh dari asap dan bising kendaraan. Bisa jogging atau jalan-jalan ke danau yang juga masih jadi bagian dari Ssangsanje. Terus kalau lapar, turun ke desa bawah untuk di-treat dengan makanan yang enak-enak. 

Sumpah! Kamu harus coba nonton acara ini. Dijamin nggak nyesal, karena selain nambah ilmu pengetahuan, kamu juga akan tergoda untuk belajar memasak makanan yang dibuat oleh Jung Yu Mi dan Park Seo Jun.

Terus tugas para cast acara ini ngapain aja?

Menerima tamu, bahkan sampai menjemput tamu dari Stasiun. Memeriksa dan menyiapkan barang-barang kebutuhan di setiap kamar. Belanja kebutuhan di dapur. Dan ditambah lagi, mereka juga harus menyiapkan makan malam dan makan pagi untuk para tamu.

Oh nggak usah ditanya untuk urusan masak memasak, Jung Yu Mi dan Park Seo Jun beneran kursus dulu ke salah satu koki ternama untuk bisa menduplikasi makanan tersebut di Youn's Stay. 

Tapi tetep sih, totalitas paling luar biasa dilakukan oleh si maknae, Choi Woo Shik yang selalu harus siap sedia lari ke sana-sini. Namun, walau dia udah lelah luar biasa, tetep aja dia bisa banget untuk iseng ke Youn Yuh Jung, Lee Seo Jin, Jung Yu Mi, sama Park Seo Jun. Kalau ketawa nonton acara ini, ya udah pasti gara-gara Woo Shik. Kelakuannya ituloh, ada-ada aja.

Oke daripada kebanyakan spoiler, mending kamu langsung nonton acara ini di aplikasi streaming legal kecintaan Viu. Di sana episodenya sudah lengkap!

Sekalian deh ya, saya kasih informasi tambahan mengenai Ssangsanje yang bisa juga dilihat di website KTO

Alamat: 3-2, Jangsu-gil, Gurye-gun, Jeollanam-do (전라남도 구례군 마산면 장수길 3-2)
Petunjuk arah
- Dari Stasiun Gurye: Naik taksi sekitar10 menit
- Dari Terminal Bus Gurye: Naik taksi sekitar 8 menit
Jam operasional: 11:00-16:30 (Kunjungan terakhir pukul 16:00)
Tiket masuk: 10,000 won (termasuk secangkir teh sambutan gratis) * Anak-anak prasekolah (usia 7 tahun ke bawah) tidak diperbolehkan masuk
Situs web: www.ssangsanje.com (Bahasa Korea)

Share:

0 comments:

Post a Comment