Spring with Flounder Stew for A Happy Tummy

Bicara soal musim semi dan Korea berarti bicara soal festival yang tiada henti. Tapi sayangnya, banyak festival yang dibatalkan di tahun ini karena pandemi. Namun beberapa lagi tetap terlaksana secara virtual, tapi tetap ya, ada yang kurang kalau hanya lewat dunia maya.

sumber gambar: Travel Korea-Gyeongnam
Tapi tenang, meski banyak festival yang dibatalkan. Cita rasa dari musim semi tetap masih bisa kita nikmati dengan hidangan-hidangan nikmat khas Korea. Salah satunya adalah Flounder Stew with Mugwort Soup.

sumber gambar: Travel Korea-Gyeongnam

Udah pernah dengar yang namanya ikan sebelah? 

Nah flounder dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai ikan sebelah. Coba tanya ayah ibu, mungkin mereka yang lebih kenal dengan ikan sebelah, dibandingkan kamu yang bisa jadi kenalnya hanya sebatas lele, gurame, salmon, dan sederet ikan yang sudah terpampang labelnya di supermarket. 

Well, Flounder adalah jenis ikan yang mudah ditemukan di laut selatan, melintasi garis pantai Yeosu di Jeolla Selatan dan Geoje di Gyeongsang Selatan. Dan masakan yang biasa disebut ssukguk ini sih katanya memang hanya bisa ditemui selama musim semi. Konon katanya sih (karena gue belum pernah nyoba, jadi mari pakai konon katanya) aroma dari si Mugwort--kalau di Indonesia namanya Daun Baru Cina--dan tekstur kenyal dari si ikan Flounder ini membuat kita bisa menghidu aroma musim semi.

sumber gambar: Travel Korea-Gyeongnam

Dan ya, banyak banget masyarakat Korea yang suka dengan hidangan satu ini. Justru katanya, setiap musim semi tiba, hidangan ini jadi salah satu santapan wajib yang harus dinikmati. 

Kenapa begitu?

Karena, si Flounder ini berdasarkan penelitian yang ada mengandung banyak protein dan efektif untuk membantu kinerja liver. Belum lagi, si Mugwort-nya ini punya banyak manfaat juga meski rasanya agak sedikit pahit. Contohnya untuk melancarkan menstruasi, mengatasi gangguan pencernaan, mencegah darah tinggi, dan si daun hijau ini juga punya manfaat untuk anti aging.

Jadi kebayang kan kalau misalnya dijadikan satu dan dikonsumsi bersama, pasti sup ini akan membuatmu sehat!

Maka, kalau ke Korea saat musim semi, jangan lupa untuk mencicipi hidangan satu ini, ya! Atau mungkin kamu ingin mencoba memasaknya juga? Boleh lho langsung mencari cara membuatnya di Youtube pun di aplikasi-aplikasi memasak lainnya!

Share:

0 comments:

Post a Comment